Pemkab Lingga Menggelar Forum Perangkat Daerah dan Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Lingga Tahun 2024

Lingga – Mewakili Bupati Lingga, Asisten II Zainal Abidin membuka kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lingga Tahun 2024 dalam rangka penyusunan rencana kerja (RENJA) perangkat daerah Kabupaten Lingga tahun 2025 yang berlangsung di ruang rapat kantor Barenlitbang. Senin (19/02/2024).

Forum Perangkat Daerah merupakan wadah bagi para pemangku kepentingan, mendiskusikan berbagai usulan yang dihasilkan melalui Musrenbang RKPD di tingkat kecamatan, untuk disinkronkan dengan prioritas dan Pagu Indikatif Rencana Kerja Perangkat Daerah.

Bacaan Lainnya

Tujuan yang ingin dicapai dalam Forum ini yakni, adanya kesepahaman Perangkat Daerah dan para pemangku kepentingan terhadap usulan Musrenbang Kecamatan yang akan masuk dalam Renja Perangkat Daerah Tahun 2025.

Dalam sambutannya, Zainal Abidin menyampaikan tema dan Prioritas Pembangunan Daerah ini kemudian menjadi dasar perumusan usulan pembangunan yang didiskusikan dan disepakati dalam Musrenbang Tingkat Desa/Kelurahan serta Musrenbang Tingkat Kecamatan.

“Usulan-usulan yang merupakan kebutuhan masyarakat ini kemudian disampaikan kepada Pemerintah untuk dikaji berdasarkan aspek prioritas, urgenitas dan kelayakan dengan tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah,” Ujarnya.

Untuk itu jelasnya, diperlukan suatu Forum yang dapat mempertemukan stakeholder terkait untuk menyepakati program dan kegiatan yang menjadi prioritas Perangkat Daerah dalam wujud Forum Perangkat Daerah/ Lintas Perangkat Daerah.

Di tempat yang sama Kepala Barenlitbang Kabupaten Lingga, Selamat juga menyampaikan bebarapa isu strategis pembangunan Kabupaten Lingga tahun 2025 diantaranya yakni (Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM), (Peningkatan Daya Saing Ekonomi Daerah di Era Revolusi Industri 4.0), (Peningkatan dan Pemerataan Pendapatan Per Kapita dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan).

(Pengembangan Insfrastruktur untuk pemenuhan Kebutuhan Pelayanan Dasar), (Peningkatan Aksesibilitas Perhubungan dalam mengurangi kesenjangan antar wilayah), serta (Pelestarian lingkungan hidup untuk mempertahankan daya dukung dan daya tampung lingkungan), dan (Penguatan tata kelola pemerintahan yang baik dan peningkatan kondusifitas wilayah).

Lebih lanjut dia juga menuturkan beberapa prioritas

“Tahun 2025, Kabupaten Lingga memiliki prioritas pembangunan diantaranya, pemantapan pemerataan kualitas hidup dan kapasitas masyarakat yang agamis dan menerapkan nilai-nilai budaya Melayu, pemantapan penurunan kemiskinan dan pengangguran, pemantapan pencapaian kemandirian Desa dibidang sosial, ekonomi dan lingkungan,”tambahnya

“Pemantapan pemerataan kualitas insfrastruktur wilayah dan sarana ekonomi yang berwawasan lingkungan, serta pemantapan agro, mina, dan wisata yang didukung pertumbuhan IKM dan UKM dan juga, pemantapan penerapan prinsip-prinsip good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pencapaian kondusifitas wilayah” papar Kepala Barenlitbang Kabupaten Lingga ini.

Usai memberikan sambutan dan dibuka secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan rapat kelompok Forum Perangkat Daerah Kabupaten Lingga tahun 2024.

Hadir dalam rapat ini, Asisten II Ekonomi Pembangunan, Kepala Barenlitbang, Tenaga Ahli Bupati Lingga, Seluruh Kepala OPD se- Kabupaten Lingga, serta Camat se- Kabupaten Lingga.

Penulis : Topan

Pos terkait