Rapat Paripurna DPRD Lingga : Penyampaian dan Tanggapan Fraksi Tentang LKPJ Bupati Lingga TA 2023

LINGGA, MTONENEWS. comDPRD Kabupaten Lingga menyelenggarakan Rapat Paripurna pada tanggal 25 Maret 2024 untuk menyampaikan Laporan Keterangan, Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Lingga tahun 2023.

Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin, memimpin rapat tersebut, dengan kehadiran Bupati Kabupaten Lingga, M Nizar, serta wakil ketua dan anggota DPRD dari berbagai Fraksi.

Bacaan Lainnya

Terdapat pula perwakilan dari Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), Perangkat OPD, Camat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta TOMA dan TOGA se Kabupaten Lingga.

Bupati Lingga, Muhamad Nizar, dalam sambutannya menyampaikan lima poin penting terkait pembangunan jangka menengah di Kabupaten Lingga untuk periode 2021-2026.

Poin-poin tersebut meliputi peningkatan sumber daya manusia, percepatan pembangunan berkelanjutan, pengembangan ekonomi berbasis unggulan, tata kelola pemerintahan yang baik, dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

Pengelolaan anggaran yang baik menjadi pendukung utama dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan tersebut, menurut Bupati Kabupaten Lingga.

Fraksi Partai Nasdem, melalui perwakilan Raja Muchsin, memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah daerah dalam menyampaikan LKPJ.

Mereka menekankan pentingnya transparansi, kejujuran, dan responsivities dalam pelaksanaan program pemerintah untuk mewujudkan perbaikan yang lebih baik.

Fraksi Partai Golkar, yang diwakili oleh Agussyuriawan, menyoroti kondisi ekonomi daerah dan nasional serta realisasi APBD Kabupaten Lingga tahun 2023. Peningkatan pelayanan dasar kepada masyarakat menjadi fokus mereka, serta memanfaatkan LKPJ untuk optimalisasi pembangunan infrastruktur.

Fraksi tersebut juga berharap agar akses infrastruktur di daerah yang minim pembangunan dapat diperluas untuk mendorong peningkatan perekonomian dan pendapatan daerah.

Dalam pidatonya, Fraksi Partai Demokrat Pembangunan Bangsa yang diwakili oleh Simarito, menyoroti tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Lingga. Meskipun terjadi penurunan, angka kemiskinan masih tinggi dan belum memuaskan, sehingga mereka menekankan perlunya kerja keras dan keseriusan Pemerintah Daerah dalam mengatasi masalah tersebut.

Diskusi dalam rapat mencerminkan komitmen untuk memajukan Kabupaten Lingga demi kesejahteraan masyarakatnya, dengan sinergi antara pemerintah daerah dan lembaga legislatif.

Evaluasi terhadap program-program yang telah dilaksanakan menjadi fokus untuk meningkatkan efektivitas pembangunan di masa mendatang. Peserta rapat menegaskan pentingnya mengutamakan kepentingan rakyat dalam setiap keputusan dan tindakan yang diambil untuk mencapai kemajuan yang lebih baik. Rapat Paripurna tersebut menjadi langkah awal dalam memastikan akuntabilitas dan transparansi dalam menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Lingga.

Pos terkait