Sekda Pemkab Kuningan Buka Pelatihan Aplikasi Bank Data Koperasi Dan UMKM/KM Tahun 2021

MTONENEWS.COM – Dengan banyaknya koperasi UMKM/KM perdagangan dan industri yang belum berhasil karena kesulitan dalam permodalan, dan masih banyaknya koperasi UMKM perdagangan dan perindustrian yang belum terdata di Dinas Koperasi UKM Perdagangan Dan Perindustrian Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan Dan Perindustrian melakukan inovasi baru dengan membuat aplikasi.

Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., membuka secara resmi Pelatihan Aplikasi Bank Data Koperasi dan UMKM/KM Tahun Anggaran 2021 di Meating Room Diskopdagperin, Kamis (25/2/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Sekda menjelaskan bahwa, aplikasi tersebut untuk mengumpulkan data koperasi, UMKM/IKM dan Perdagangan yang ada di kabupaten kuningan agar akurat serta dapat di update setiap waktu.

“dalam menghadapi permasalahan tersebut Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan Dan Perindustrian melakukan inovasi baru dengan membuat aplikasi Bank Data untuk menghimpun data koperasi UMKM/IKM dan perdagangan yang ada di kabupaten kuningan.” kata Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si.,

Selain itu, aplikasi tersebut juga sebagai acuan dalam kegiatan pengumpulan data dan memantau koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian sehingga dapat tercipta tata kelola data yang akurat, akuntabel, serta dapat di update setiap waktu.

Adanya aplikasi bank data ini Sekda berharap, dapat menjadi solusi konkrit atas keberadaan koperasi dan pelaku UMKM/IKM, serta untuk perdagangan aplikasi bank data ini dapat dimanfaatkan oleh SKPD lain yang membutuhkan, sehingga apabila ada program untuk Koperasi,  pelaku UMKM/IKM, dan perdagangan dapat tepat sasaran.

kunci keberhasilan tersajinya bank data koperasi dan UMKM/IKM yang akurat dan akuntabel ada pada pundak operator “dengan begitu untuk operator pada saat penginputan data diwajibkan untuk mendata terlebih dahulu kepada koperasi dan pelaku UMKM/IKM dan Perdagangan diwilayah kerjanya masing-masing dengan mengisi formulir yang telah disediakan yang ditandatangan oleh pemilik usaha dan diketahui oleh Kepala Desa dan Camat setempat.” ujar Sekda.

Dengan begitu, sebagai langkah awal membangun Bank Data pada hari ini didakan pelatihan untuk operator Aplikasi Bank Data Koperasi dan UMKM/IKM tahun anggaran 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sekda meminta kepada seluruh operator Kecamatan untuk mendata koperasi pelaku UMKM/IKM dan Perdagangan secara benar sesuai dengan kenyataan dilapangan setelah input data awal selesai, operator harus setiap saat untuk mengupdate data.

Selain Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan hadir pula Kepala Dinas Kopdagperin selaku penyelenggara kegiatan beserta jajaran Dinas Kopdagperin Kabupaten Kuningan. (mulus mulyadi)

Pos terkait