Abrasi Pantai Ancam Pemukiman Nelayan Sekop Laut, Kecamatan Singkep

LINGGA, MTONENEWS.com- Pemukiman Warga Sekop Laut, Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri mengalami penggerusan pantai atau abrasi akibat ombak besar pada hari Minggu, 22 Januari 2022. Masalah ini dapat mengancam nelayan yang mayoritas tinggal di pesisir pantai.

Masyarakat Sekop Laut meminta Pemerintah Kabupaten Lingga atau Pemerintah Provinsi Kepri untuk segera menangani masalah tersebut dengan melepaskan tanggul pantai.

Bacaan Lainnya

“Abrasi pantai telah meluas sepanjang 25 meter dari bibir pantai dan akan semakin merugikan masyarakat di pesisir”, Kata Vian Warga Setempat.

Masyarakat hanya bisa membuat tanggul seadanya dengan menggunakan Papan dan Belotti, namun hal ini tidak efektif untuk menahan hempasan ombak. Oleh karena itu, mereka membutuhkan campur tangan pemerintah untuk menangani masalah ini.

Masyarakat berharap Bupati Lingga M Nizar dan Wakil Bupati Lingga Niko dapat memberikan solusi dan kepastian dalam menangani masalah ini. Jika tidak segera ditanggulangi dengan benar, abrasi pantai akan semakin meluas dan dapat merusak bangunan atau rumah milik masyarakat.

Masyarakat tidak dapat mengatasi masalah ini secara maksimal karena membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, mereka berharap pemerintah dapat memberikan solusi untuk mengatasi abrasi pantai yang semakin meluas di pesisir wilayah Sekop Laut, Kelurahan Dabo. Masyarakat berharap agar pemerintah dapat mencegah terjadinya bencana yang dapat merusak perumahan masyarakat di pesisir pantai.

Pos terkait