Bupati Lingga Nizar Bersama Perkim Provinsi Kepri Bahas : Gubernur Kepri Rencana Rehab 100 Rumah KAT Lingga

  • Whatsapp

MTONENEWS.COM –Bupati Lingga, M Nizar menerima kunjungan kerja Kepala Bidang (KABID) Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Dinas Perkim Provinsi Kepulauan Riau, yakni Nurzulecha S.Sos, dan rombongan di gedung daerah, Daik, Senin (23/08/2021).

Mengutip Mediatrias.com, adapun maksud dari kedatangan rombongan OPD Provinsi Kepri tersebut, untuk membahas pemantapan perihal Bantuan pemerintah Provinsi Kepri, dalam hal ini Gubernur Kepri, Ansar Ahmad ingin membantu perehaban rumahan suku laut atau Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang berada di Kabupaten Lingga.

Bacaan Lainnya

Nurzulecha S.Sos mengatakan Ansar Ahmad selaku Gubernur Kepri melalui Dinas Perkim Provinsi Kepri telah mencanangkan program ini untuk segera dapat dilaksanakan pada tahun 2022. Jumlah bantuan Rahab rumah dari pemerintah Provinsi sebanyak 100 unit rumah, besaran anggarannya berkisar ± 3,5 miliar rupiah.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Lingga juga diminta oleh Gubernur untuk menyiapkan bantuan serupa sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah provinsi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat KAT.

“Tentunya sebagai bentuk kolaborasi antara provinsi dan kabupaten, yang pasti provinsi sudah 100 rumah, dan daerah nanti menunggu keputusan Bupati. Bisa nanti ditambah 50 rumah atau 100 unit juga dari bantuan Kabupaten,” kata Nurzulecha S.Sos.

Menurut Nya, dalam waktu dekat pihak Perkim Provinsi bersama Dinas Perkim Kabupaten akan melakukan survei lokasi ke beberapa pulau yang menjadi tempat domisili warga KAT.

Dinas Perkim Provinsi sendiri turut menggandeng Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) sebagai Mitra Program Pemerintah.

“Nanti kita segera tinjau, cek rumahnya rusak parah atau tidak. Nanti bantuannya sifatnya silang, tergantung kerusakan,” ujar Nya untuk penyegeraan.

Sementara itu Bupati Lingga, Muhammad Nizar sangat mengapresiasi niat baik Pemerintah Provinsi. Dengan demikian tentunya Pemerintah Daerah bersedia untuk bekerja sama, baik dalam penambahan jumlah unit bantuan rehab maupun meninjau rumah yang akan mendapatkan bantuan rehaban rumah nantinya.

“Alhamdulillah, Pemerintah Daerah menyambut baik rencana bapak Gubernur. Secara teknisnya nanti akan dilanjutkan Dinas Teknis kita,” kata Bupati Lingga, Muhammad Nizar.

Untuk itu, Bupati Lingga M Nizar meminta Dinas Perkim dan Dinas Sosial Kabupaten Lingga untuk melanjutkan pemetaan dan menyegerakan peninjauan lokasi ke pulau-pulau tempat warga KAT. (Kur)

Pos terkait