Museum di Lingga Bakal Siapkan 200 Gasing Buat Lomba Antar Pelajar SD

Lingga – Dinas Kebudayaan (Disbud) Lingga melalui Museum Linggam Cahaya bakal menyiapkan sedikitnya 200 gasing tradisional.

Ratusan gasing yang bakal disiapkan itu untuk mendukung perlombaan gasing yang bakal diikuti pelajar SD di Lingga.

Bacaan Lainnya

Rencananya, pertandingan adu gasing ini bakal diselenggarakan pada 8 hingga 15 September 2023 mendatang.

Kepala Bidang Sejarah, Pelestarian Cagar Budaya, dan Permuseuman di Museum Linggam Cahaya, Raja Hendri mengatakan, bahwa pertandingan ini akan diikuti oleh pelajar SD se-Kecamatan Lingga.

“Ada 10 regu yang akan bertanding, sat regu berjumlah 9 orang,” kata Hendri Senin (28/8/2023) pagi.

Dia menjelaskan, pertandingan gasing ini menjadi salah satu event yang digelar Museum Linggam Cahaya.

Dengan 10 regu yang berpartisipasi, pertandingan ini sangat bakal antusias diikuti oleh peserta.

Mengingat kegiatan yang sama diadakan pada 2021 perlombaan sangat dinikmati oleh anak-anak SD, karena bermain gasing merupakan salah satu hobi kebanyakan orang di sana.

Sebelum pertandingan dimulai, pelajar disediakan gasing oleh Museum Linggam Cahaya Lingga, yang dipilih untuk menjadi gasing yang dipertandingkan.

“Ada 200 gasing yang kami siapkan dibuat oleh pengrajin. Jadi ada gasing pemangkah dan gasing uri. Termasuk tali alit (pemutar gasing-red) juga kami siapkan,” sambung Raja Hendri.

Perlombaan ini sempat digelar pada 2021. Namun, karena pandemi Covid-19, pihak Museum Linggam Cahaya meniadakan pertandingan ini pada 2022.

Berkaca dari perlombaan sebelumnya, tidak hanya peserta lomba, para penonton dari anak-anak hingga yang tua tampak antusias menyaksikan perlombaan permainan tradisional itu.

Para peserta yang mengikuti pertandingan, akan melakukan latihan di halaman sekolah ataupun lingkungan wilayah masing-masing.

Gasing Lingga adalah salah satu permainan rakyat yang terdapat di Kabupaten Lingga, yang ditetapkan dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia pada 2019 lalu.

Pos terkait