Digelar Hybrid karena COVID-19, 17 Kepala Daerah di Jatim Dilantik

  • Whatsapp

MTONENEWS.COM – Sebanyak 17 pasangan kepala daerah-wakil kepala daerah daerah hasil Pilkada 2020 di Jawa Timur dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Jumat, 26 Februari 2021. Karena kondisi pandemi COVID-19, pelantikan dilaksanakan tiga tahap dan digelar secara langsung dan virtual alias hybrid.

Pelantikan sesi kedua digelar seusai salat Jumat, yakni pada pukul 13.00 WIB. Ada enam kabupatan/kota yang pasangan kepala daerahnya dilantik, yakni Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Jember, Kota Blitar, dan Kota Pasuruan.

Bacaan Lainnya

Para kepala daerah baru itu dilantik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan disaksikan seluruh pejabat Forkopimda. Enam pasangan kepala daerah yang dilantik pada sesi pertama dan dimulai sekira pukul 09.00 WIB, yakni Kabupaten Trenggalek, Sumenep, Situbondo, Ngawi, Banyuwangi, dan Kabupaten Ponorogo.

Pada Pilkada 2020 ada 19 daerah di Jatim yang menggelar pilkada. Namun, dua pasangan kepala daerah baru tunda dilantik karena masa jabatan kepala daerah yang lama masih belum berakhir. Dua daerah yang tunda dilantik itu ialah Kabupaten Tuban dan Pacitan.

Lima kepala daerah lainnya dilantik pada sesi ketiga di sore hari, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Kediri, Lamongan, dan Kabupaten Gresik. Setelah para kepala daerah, acara dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP PKK dan Dekranasda kabupaten/kota masing-masing.

Khofifah mengatakan bahwa pelantikan digelar secara hybrid sesuai arahan Kemendagri. Mereka yang berada di dalam ruangan hanya para pasangan kepala daerah yang dilantik. Sementara yang lain menyaksikan secara virtual. “Kami akan memastikan bahwa pelaksanaan pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Daerah akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat,” katanya.

Pos terkait