STQH ke X Tingkat Kabupaten Lingga : Kita Wujudkan Nilai-Nilai Al-Qur’an Menuju Harmonisasi Umat, Kabupaten Lingga Sejahtera

Gubernur Prov Kepri , Ansar Ahmad & Bupati Lingga Muhammad Nizar Pada STQH ke-X Tingkat Kabupaten Linnga

LINGGA, MTONENEWS. com- Pemerintah Kabupaten Lingga Laksanakan Program Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke X Tahun Anggaran 2023 tingkat Kabupaten Lingga selama ± 5 hari sejak Tanggal (5 Maret 2023 s/d 10 Maret 20230 Bertempat di halaman Kantor Pemerintahan Kabupaten Lingga.

Untuk menyemangati kemeriahan pagelaran STQH ke X tersebut, Pawai Ta’aruf juga terselenggara dengan antusiasnya yang disertai oleh para Khafilah dari setiap daerah Kabupaten Lingga yang telah lolos penyeleksian dari tingkat Desa dan Tingkat Kecamatan, Unsur OPD, Pemerintah Kecamatan dan Desa, serta Masyarakat yang mengawali agenda tahapan acara tersebut, Minggu siang (5 Maret 2023) lalu.

Bacaan Lainnya

Kemudian, Tiba pada malam Acara Pembukaan STQH Ke X  Gubernur Provinsi Kepri, H. Ansar Ahmad tampak di dampingi oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar menghadiri moment tersebut dengan melakukan prosesi pemukulan Beduk yang menandai STQH Ke X telah dibuka secara resmi.

Utusan Khafilah Singkep Pesisir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam Sambutannya Gubernur Provinsi Kepri, H. Ansar Ahmad Menyampaikan Apresiasi kepada Bupati Lingga, Muhammad Nizar beserta jajaran Pemkab Lingga, Pengurus LPTQ dan seluruh masyarakat Lingga yang menggelar pembukaan STQH ke-X Kabupaten Lingga ini dengan luar biasa.

“Hari ini kita tentunya sudah melaksanakan STQH yang dimulai dari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten. Hingga nanti Insya Allah tanggal 7 Mei 2023 kita akan menggelar STQH Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang menurut gilirannya akan dilaksanakan di Kabupaten Karimun” ujar Gubernur Ansar. Minggu malam (5 Maret 2023).

Adapun peserta berasal dari 13 Kecamatan se-kabupaten Lingga. Dengan rincian Kecamatan Singkep 29 peserta, Singkep Barat 30 peserta, Singkep Pesisir 18 peserta, Singkep Selatan 32 peserta, Lingga 31 peserta, Lingga Utara 17 peserta, Lingga Timur 28 peserta, Senayang 24 peserta, Selayar 24 peserta, Posek 25 peserta, Bakung Serumpun 14 peserta, Temiang Pesisir 20 peserta, dan Ketang Bidare 13 peserta dengan jumlah keseluruhan 305 peserta.

Sedangkan Cabang yang diperlombakan antara lain Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa, Tartil, Hifzil 1 juz, 5 juz dan 10 juz, Hadits 100, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khathill Qur’an, dan cabang Karya Tulis Ilmiah.

Ketua LTQ I Kabupaten Lingga Junaidi Adjam saat penyerahan Bonus Umroh Kepada Peserta Prestasi terbaik Said Mahran

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengatakan, bahwa sejumlah rangkaian telah dilaksanakan mulai dari malam Ta’aruf, Pawai Ta’aruf, Pembukaan bazar hingga pembukaan STQH.

Harapannya, STQH tingkat Kabupaten Lingga ini bukan hanya dijadikan tradisi tahunan saja, melainkan dijadikan Ukhuwah dalam menyiarkan Agama Islam. Selain itu, tentu kegiatan ini juga bisa sebagai wahana untuk bersilaturahmi antara sesama Masyarakat di Kabupaten Lingga.

“Alhamdulillah kita telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari malam tadi hingga malam ini pelaksanaan berjalan lancar, kita juga bersyukur dengan terselenggaranya kegiatan ini dari tahun ke tahun sehingga banyaknya bibit asli asal Kabupaten Lingga, yang telah meraih prestasi hingga tingkat nasional,” kata Nizar dengan rasa bangga nya.

Juga Nizar yang akrab disapa sebutkan , bahwa seperti Maya Fatma Sari asal Kecamatan Singkep Barat, Andika Pangestu asal Kecamatan Lingga, dan juga Sisca Wulandari asal Kecamatan Singkep, yang telah mengharumkan Nama Kabupaten Lingga, yang ikut berperan membanggakan Kepri.

Junadi Adjam sebagai Ketua LPTQ I Kabupaten Lingga saat diwawancarai menjelaskan, bahwa pihaknya optimis Kabupaten Lingga akan beruapaya  meraih ranking ke tiga juara umum pada tingkat STQH Provinsi Kepri di Karimun nantinya.

“Maka itu seluruh cabang di MTQ kita lombakan di STQ, seperti tartil kemudian fahmil, syarkhil, khat. Di STQH ini ditambah lagi ada cabang hifdzil Al Qur’an, ada cabang hafal hadits, dan tafsir,” Ungkap Junaidi.

Selanjutnya, tiba pada malam penutupan STQH ke X tahun ini dalam 28 Cabang perlombaan yang dilaksanakan, sebagai Juara Umum Daerah berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dewan Hakim pada STQH ke-X Tingkat Kabupaten Lingga Tahun 2023, yaitu Kecamatan Singkep Barat dengan perolehan 72 Poin. Dengan demikian Kecamatan Singkep Barat berhak mendapatkan Piala Bergilir dan Bonus Uang Pembinaan.

Untuk Piala Bergilir diserahkan langsung oleh Bupati Lingga Muhammad Nizar kepada Camat Singkep Barat. Selain penyerahan Piagam dan Piala kepada para pemenang serta penyerahan Piala Bergilir untuk Juara Umum, Pemerintah Kabupaten Lingga juga menyerahkan hadiah Bonus Umroh untuk pemenang terbaik cabang Hifzil Qur’an 5 Juz Putri atas Nama Melda Yenti utusan Kecamatan Singkep Barat, serta untuk pemenang terbaik cabang Khatil Naskah Putra atas nama Said Mahran utusan Kecamatan Lingga.

Pos terkait