Kekayaan Terus Susut, Posisi Mark Zuckerberg Makin Turun dari Daftar Orang Terkaya

MTONENEWS.COM – Posisi Mark Zuckerberg turun tiga tempat dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg. Hal ini seiring dengan anjloknya saham Meta telah mengurangi kekayaan Mark Zuckerberg hingga USD 31 miliar atau Rp 445,6 triliun.

Dilansir dari CNN, Zuckerberg sekarang berada di posisi nomor 10 dalam daftar Bloomberg Billionaires Index, di belakang salah satu pendiri Oracle (ORCL) Larry Ellison.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, CEO Tesla Elon Musk menempati posisi pertama. Meta Platforms, perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook, melihat penurunan drastis di pasar saham pekan lalu.

“Visi yang sepenuhnya terwujud ini masih jauh. Dan meskipun arahnya jelas, jalan kita ke depan belum ditentukan dengan sempurna,” kata Zuckerberg pada para analis.

Saham Meta turun lebih dari 26 persen, penurunan ini memangkas hampir USD 240 miliar dari nilai pasarnya. Zuckerberg mengantongi lebih dari 398 juta saham Meta, atau 14,2 persen dari perusahaan tersebut, menurut pengarsipan SEC pada Februari 2021.

Setelah turunnya saham Meta, kekayaan Zuckerberg sekarang bernilai USD 89,6 miliar. Angka tersebut masih lebih tinggi dari orang terkaya Asia, Ambani yang memiliki Reliance Industries, menurut peringkat Bloomberg.

Peringkat 12 Orang Terkaya Dunia
Kekayaan Mark Zuckerberg tercatat turun drastis sebesar USD 30 miliar atau sekitar Rp430 triliun pada Kamis (3/2). Ini terjadi karena saham Meta Platforms Inc mencatatkan rekor penurunan tertinggi satu hari, menyusul perkiraan perolehan laba mengecewakan yang mengguncang lanskap saham teknologi global.

Saham Meta terjun bebas 26 persen, nilainya turun lebih dari USD 200 miliar dalam penghapusan nilai pasar satu hari terbesar yang pernah ada untuk sebuah perusahaan AS. Itu menurunkan kekayaan bersih pendiri dan Chief Executive Officer Zuckerberg menjadi USD 85 miliar, menurut Forbes.

Zuckerberg memiliki sekitar 12,8 persen saham dari raksasa teknologi yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook.

Penurunan kekayaan Zuckerberg dalam satu hari merupakan terbesar yang pernah ada dan terjadi setelah kerugian satu hari bos Tesla Inc senilai USD 35 miliar pada November. Elon Musk, orang terkaya di dunia, kemudian mensurvei pengguna Twitter apakah dia harus menjual 10 persen sahamnya di pembuat mobil listrik. Saham Tesla belum pulih dari aksi jual yang diakibatkannya.

Setidaknya 21 broker memangkas target harga di Meta setelah perusahaan memposting proyeksi yang lebih lemah dari perkiraan pada Rabu (2/2), menyalahkan perubahan privasi Apple Inc dan meningkatnya persaingan untuk pengguna dari saingan termasuk TikTok dan YouTube.

Pos terkait