Lindungi Mata Prajurit, Dislitbangad Uji Coba (Sertifikasi) Kacamata MTX Photocromic dan Kacamata Balistik Wiley X Saber Advanced

MTONENEWS.COM – Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD melindungi mata Prajurit telah menguji Coba (sertifikasi) Kacamata MTX Photocromic dan Kacamata Balistik Wiley X Saber Advanced bertempatkan di Laboratorium Dislitbang TNI AD Batujajar Bandung Jawa Barat, Jumat (28/5/2021).

Dalam keterangan tertulis Dislitbangad, Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M., selaku Kagiat mengatakan bahwa uji coba kaca mata ini sangat penting karena kedua kaca mata tersebut akan melindungi mata para prajurit yang akan menggunakanya karena Kaca mata yang akan diuji mempunyai Fungsi Pokok sebagai peralatan pelindung mata yang digunakan untuk melindungi mata dan memberikan keamanan dan kenyamanan serta mencegah cedera pada mata akibat jatuh atau benturan/tabrakan sedangkan Kacamata Balistik mempunyai Fungsi Pokok Sebagai pelindung mata yang digunakan untuk melindungi dan memberikan keamanan dan kenyamanan serta mencegah cedera pada mata akibat fragmentasi tembakan/ledakan, jatuh atau benturan/tabrakan.

Bacaan Lainnya

Kedua kaca mata tersebut memiliki aspek intelijen, dimana unsur keamanan dan kerahasiaan harus dipertimbangkan, dari aspek operasional, unsur penggunaan, mobilisasi, dan pemeliharaannya harus mudah karena orientasi penggunaan kaca mata ini adalah untuk kegiatan yang bersifat khusus, Selain itu juga sisi aspek insani, unsur kenyamanan dan keamanan bagi prajurit pengguna juga harus diutamakan termasuk dari aspek logistik unsur pembekalan dan pendistribusiannya, “ tuturnya.

Kadislitbangad menambahkan, kenapa menguji Coba (sertifikasi) Kacamata MTX Photocromic dan Kacamata Balistik Wiley X Saber Advanced karena Teknologi Kacamata MTX Photocromic karena sebagai peralatan pelindung mata yang digunakan untuk melindungi mata dan memberikan keamanan dan kenyamanan serta mencegah cedera pada mata akibat jatuh atau benturan/tabrakan.

“Sedangkan teknologi kacamata pada Balistik Wiley X Saber Advanced sebagai pelindung mata yang digunakan untuk melindungi dan memberikan keamanan dan kenyamanan serta mencegah cedera pada mata akibat fragmentasi tembakan/ledakan, jatuh atau benturan/tabrakan sehingga dalam proses pengujian tetap mempedomani Syarat-Syarat Tipe (SST) kaca mata dan Syarat-Syarat Tipe (SST) Kacamata balistik, ” ujarnya.

Dalam uji coba (sertifikasi) Kacamata MTX Photocromic dan Kacamata Balistik Wiley X Saber Advanced kepala tim (Katim) uji Mayor Inf. Rudy Heru Yudono menjelaskan, pelaksanaan pengujian dengan aspek-aspek berbagai aspek yaitu Materi uji aspek konstruksi dan perlangkapan, Materi uji aspek kemampuan, Materi uji aspek kelancaran kerja, dan Materi uji aspek insani

Hadir dalam uji Coba (sertifikasi) Kacamata MTX Photocromic dan Kacamata Balistik Wiley X Saber Advanced. Mabes TNI Paban III/Litbangasro Srenum TNI, Kabidbekkap Babek TNI Mabesad ; Paban III/Litbangasro Srenaad dan Paban IV/Binsisops Sopsad. Pusbekangad Kasubditbinkaporsatlap Sdircab Pusbekangad Dislaikad; Kadislaikad; Dislitbangad, Sesdislitbangad, Pa Ahli Matut Dislitbangad Kasubdismat Dislitbangad, Kalab, Kasubdismat, dan pejabat Dislitbangad ; Mitra Kerja PT. Mustika Tiara Sakti dan Direktur PT. Mustika Tiara Sakti. (Dispenad)

Pos terkait