Pemkab Lingga Kembangkan SDM Rawat Pelestarian Budaya Warisan

Lingga – Di tengah semangat untuk memelihara dan memperkaya warisan budaya lokal, M. Nizar, selaku Bupati Lingga berkomitmen pada kemajuan kebudayaan yang ada di Kabupaten Lingga. Hal tersebut di sampaikan Nizar di sela-sela acara rapat kerja dengan para OPD, Selasa (26/03/2024).

M. Nizar telah menetapkan langkah-langkah strategis yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan budaya di Lingga. Dengan visi yang tajam dan tekad kuat, M. Nizar telah mengambil peran penting dalam membawa perubahan positif dalam kehidupan budaya di daerah Kabupaten Lingga.

Bacaan Lainnya

Adapun langkah strategis meliputi pembentuk kebijakan yang dapat mendukung sektor kebudayaan, membangun kemitraan dengan pihak terkait (stakeholder), meningkatkan promosi dan pemasaran, mengembangkan program pelatihan dan pendidikan, mengadakan acara budaya dan melestarikan warisan budaya turun temurun.

Mengutamakan pelestarian warisan budaya sebagai landasan utama, M. Nizar telah memperkenalkan berbagai program pelestarian yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat setempat.

Dari upaya pelestarian situs bersejarah hingga memperkuat tradisi lisan, setiap langkahnya bertujuan untuk memastikan bahwa warisan budaya Lingga terjaga dengan baik untuk generasi mendatang.

“Pentingnya pengembangan seni dan kreativitas sebagai bagian integral dari kebudayaan,” ujarnya.

Melalui peluncuran berbagai program seni dan workshop kreatif, dia memberikan platform bagi para seniman lokal, untuk mengekspresikan identitas budaya mereka serta memberdayakan generasi muda untuk mengembangkan bakat dalam bidang seni.

Dengan langkah strategis yang telah ditetapkan dapat memajukan sektor kebudayaan Kabupaten Lingga dan menjadikan sebagai daya tarik yang kuat bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bupati Lingga berharap agar setiap generasi dapat memahami dengan lebih baik nilai-nilai budaya yang kaya dan sejarah yang berharga dari Negeri Bunda Tanah Melayu julukan Kabupaten Lingga.

Penulis : Topan

Pos terkait