Pemuda Milenial SBD Berjanji Mengembangkan Wisata Desa

  • Whatsapp

MTONENEWS.COM  – Generasi muda merupakan partisipasi lansung penggerak awal demokrasi. Sikap aktif kaum muda akan menjadi suatu proses kemajuan demokrasi ketika menjalankan roda kepemimpinan, karena kaum muda merupakan individu yang sangat kritis dalam menganalisis regulasi dan peka akan persoalan dan kepemimpin yang tepat untuk kemajuan suatu daerah.

Saat ini, figur muda yang bernama Asterius Bili, S.IP., M.IP yang merupakan salah satu orang muda Desa Kalaki Kambe, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mempunyai niat baik dan tulus akan siap dalam wujudkan perubahan di desanya. Hal ini disampaikannya pada Rabu, (09/06/2021).

Bacaan Lainnya

Menyikapi hal tersebut, dirinya saat ini resmi mendaftarkan diri dan lolos seleksi sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) Kalaki Kambe.

Sebagai Magister Ilmu Pemerintahan tentunya mempunyai banyak hal yang diperolehnya, dirinyapun semenjak menjadi mahasiswa tidak hanya fokus kuliah namun aktif dalam organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), yang kemudian dari berbagai pengalaman yang Ia peroleh di tambah dengan dorongan berbagai pihak, terlebih keluarga sehingga memberanikan diri sebagai Cakades Kalaki Kambe.

Kepada media ini Asterius Bili, S. IP., M.IP menyampaikan bahwa jika kedepannya dipercayakan oleh masyarakat maka hal pertama yang dilakukan adalah menata wisata yang berada di Desa Kali Kambe, seperti Danau Wee Wini yang mempunyai sejarah tersendiri, Danau Wee Raboka dan Danau Wee Maria sebagai wisata Religius sehingga menarik banyak pengunjung, yang bermaksut meningkatkan perekonomian desa dan mempertahankan desa yang bermartabat secara budaya.

” Danau Wee Wini secara historis memang sudah mempunyai sejarah atau cerita rakyat tersendiri yang kemudian perlu dikembangkan,” ungkap Aste sapaannya.

Lebih lanjut, Aste mengatakan bahwa permasalahan dalam desa adalah masyarakat membutuhkan cahaya dan infrastruktur jalan, sehingga ini juga yang menjadi prioritas kedepannya.

Dikatakan Aste, melalui Musrembang Desa maka perlu bersama dan mengajak masyarakat menjadi individu yang mandiri secara ekonomi, berdaulat secara sosial dan mapan secara ilmu pengetahuan dengan berbagai program pemberdayaan menyesuaikan potensi yang ada dalam desa.

” Kemajuan desa adalah suatu kerinduan masyarakat yang sampai saat ini masih di tunggu- tunggu yang akan berkelanjutan, oleh karena itu sebagai Cakades nantinya jika terpilih maka tentunya perberdayaan kepada masyarat itu yang saya utamakan, karena pada intinya bahwa membangun kaca mata desa merdeka itu melalui bidang sosial dan lain sebagainya,” kata Kandidat bernomor urut 2 itu.

Lanjutnya, Bili mengatakan bahwasannya sebagai figur muda akan selalu optimis dengan mempercayai sepenuhnya kepada masyarakat yang mempunyai hak menentukan pemimpin dalam enam tahun kedepan.

” Karena siapapun yang terpilih nantinya kedepan dialah pemimpin kita bersama,” kata Mantan Pengurus Komisariat sewaktu di organisasi cipayung.

Pada kesempatan ini melalui media, Ia meminta dukungan dan doa dari masyarakat dan berharap agar pilkades tahun ini berjalan dengan lancar, aman, dan tertib.

Pos terkait